RIDHANA GROUP | Developer Perumahan Batu Malang, Pengembang Perumahan Batu Malang, Pengembang Proper


Berat : 0,00 Kg

Ketersediaan : Tersedia

RIDHANA GROUP | Developer Perumahan Batu Malang, Pengembang Perumahan Batu Malang, Pengembang Properti Batu Malang, Developer Properti Batu Malang, RIDHANA GROUP, Developer Perumahan Nasional, Developer Nasional

www.DeveloperPerumahan.com

Keuntungan Membeli Rumah Baru

Developer tak pernah berhenti untuk menghadirkan rumah yang dijual melalui proyek perumahan baru mereka. Namun, konsumen pun masih punya alternatif untuk membeli rumah seken ataupun kaveling siap bangun. Nah, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli rumah baru?

Memilih rumah yang benar-benar baru memang sebuah pilihan yang menarik dan pastinya akan disukai semua orang. Pertanyaannya, mengapa orang suka memiliki rumah baru? Lantas apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika memilih rumah di sebuah perumahan baru? Berikut penjelasannya:

Anda tidak perlu repot melakukan survei, mencari harga tanah sesuai anggaran, juga menilai keamanan wilayah tersebut. Belum lagi, bila Anda memilih perumahan dari pengembang besar yang biasanya telah menyiapkan beragam fasilitas dan area komersil. Hal ini tentu akan mempermudah kebutuhan rumah tangga Anda.

Anda tidak terlalu pusing memikirkan anggaran karena dapat memanfaatkan KPR. Anda dengan mudah bisa menempati rumah baru meski baru membayar sepertiga dari harga rumah.

Anda bisa mengetahui riwayat rumah sedari awal, dan pastinya Anda mengetahui jenis material apa yang digunakan untuk membangun rumah baru itu. Pilihan desain rumah yang tersedia cukup banyak, luas dan tipe-nya pun lebih banyak pilihannya.

Rumah di perumahan baru memberikan kemudahan bagi penguhuninya dalam merawat dan sistim pengamanannya yang lebih baik.

Legalitas serta dokumen rumah lebih terjamin, karena Anda bisa meminta jaminan dari pengembang. Dana membeli rumah yang tersisa bisa Anda gunakan untuk perencanaan keuangan lainnya, misalnya investasi atau usaha wiraswasta.

Perumahan baru yang dilengkapi dengan fasum dan fasos serta fasilitas komersial lainnya akan mendongkrak nilai tanah dan rumah dan ini akan sangat positif untuk investasi.

Demikian berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih rumah baru.

=================


Apa Saja yang Harus Diperhatikan Ketika Kita akan Beli Rumah Idaman dari Developer?

Sebenarnya banyak keuntungan jika kita beli rumah dari developer :

  • Tidak peru repot mencari tanah, negosiasi tanah, tidak perlu bingung biaya membangun, konstruksi dan biaya pembangunan lainnya karena rumah sudah dibangun oleh developer.
  • Biasanya perumahan sudah didesain sesuai dengan peraturan yang berlaku, misal zona yang boleh dibangun dan fasilitas pendukung.
  • Bank juga bekerja sama dengan developer untuk mendanai dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah).
  • Beberapa developer memberikan penawaran cicilan untuk uang muka dan diskon jika Anda membayar secara tunai.
  • Transaksi hanya terjadi antara Anda, Developer, Notaris dan Bank.

Kita sebagai pembeli harus pandai-pandai mencari tahu kredibelitas developer. Salah satunya adalah kita melihat proyek-proyek yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya, bertanya pada teman, saudara atau kenalan serta bertanya pada pihak bank. Pihak bank biasanya memiliki rekanan developer yang sudah terpercaya.

Proses :

#1 Pembayaran Tanda Jadi atau Booking Fee
Pembeli pastinya memilih rumah yang ditawarkan oleh developer. Jika pembeli sudah setuju, kemudian pembeli memberikan tanda jadi atau booking fee. Besarnya booking fee tergantung dengan persyaratan yang ditentukan oleh developer. Biasanya Rp 5 juta – Rp 7,5 juta.

#2 Pengurusan KPR
Kemudian pembeli menyiapkan persyaratan-persyaratan KPR. Bank akan melakukan appraisal, menilai kesehatan keuangan pembeli dan melakukan prosedur pengajuan KPR. Pihak developer tentunya akan mengawal proses pengajuan KPR, termasuk adanya buy back guarantee. Jika pengajuan tidak disetujui, biasanya ada sesuatu persyaratan atau kondisi yang tidak terpenuhi oleh pembeli. Anda dapat melengkapi persyaratan yang kurang atau mengajukan kembali KPR di bank yang berbeda.

#3 Pembayaran Uang Muka dan Tanda Tangan PPJB
Setelah pengajuan KPR disetujui bank, Pembeli harus membayarkan uang muka kepada developer. Uang muka ini besarannya sekitar 30% – 40% dari harga rumah. Ada beberapa developer yang memberikan kemudahan dalam uang muka, contoh program cicilan uang muka. Setelah itu Pembeli dan Developer akan melakukan perjanjian PPJB.

#4 Proses Pembangunan
Setelah pembayaran uang muka, pihak developer akan segera melakuan proses pembangunan. Anda dapat mengecek kontrak atau perjanjian lamanya pembangunan. Biasanya pembangunan memakan waktu 12 – 18 bulan.

#5 Pembangunan Selesai
Pembeli perlu menunggu proses pembangunan, hingga pembangunan selesai 100%.

#6 Serah Terima Developer dengan Pembeli
Setelah selesai, developer akan melakukan serah terima dengan pembeli.

#7 Developer Memecah Sertifikat HGB
Proses serah terima, biasanya diikuti proses pemecahan sertifikat HGB. Tujuannya agar sertifikat dapat dibalik nama dari developer ke pembeli.

#8 AJB di Notaris
Kemudian developer dan pembeli akan membuat akta jual beli. Setelah adanya AJB, pembeli dapat melakukan balik nama dan kepemilikan akan beralih kepada pembeli.

#9 Balik Nama
Pembeli melakukan balik nama sertifikasi HGB.

#10 Ubah HGB ke SHM
Pembeli meningkatkan status sertifikat yang awalnya Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik).

Mana yang Lebih Untung Beli Rumah Inden atau Sudah Jadi?

Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan jenis properti yang lain, rumah masih menjadi idola karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan apartemen.

Dalam perkembangannya, saat ini ada dua skema untuk membeli rumah, yakni membeli rumah dalam status sudah jadi (ready stock) atau inden. Seperti kita ketahui, rumah ready stock adalah rumah yang dibeli dalam kondisi sudah jadi dan siap untuk ditinggali. Sementara membeli rumah dengan sistem inden, berarti Anda memesan rumah dari awal, namun belum bisa ditempati karena rumah belum selesai dibangun.

Lantas dari kedua skema tersebut mana kah yang lebih untung? Nah bagi Anda yang ingin mengetahui untung-rugi membeli rumah inden dan ready stock berikut ulasannya :

Kelebihan Rumah Inden :

  • Biasanya pengembang yang menawarkan rumah inden, menjual rumah lebih murah jika dibandingkan dengan rumah ready stock.
  • Perbandingan harganya pun cukup besar, tergantung dari lokasi rumah tersebut dibangun.
  • Selain itu, biasanya developer juga akan menawarkan berbagai promo menarik, seperti promo cicilan DP, atau hadiah undian.
  • Pembeli rumah inden juga bisa lebih bebas menentukan posisi rumah dan arah rumah.

Kekurangan Rumah Inden :

  • Karena berstatus belum dibangun, maka pembeli rumah tidak bisa langsung menempati rumah yang dibelinya. Lama waktu pembangunan rumah sendiri sangat bervariatif tergantung kesiapan developer, ada yang menawarkan 12 bulan masa pembangunan, hingga 24 bulan.

Keuntungan Rumah Ready Stock :

  • Pembeli bisa melihat langsung kondisi fisik bangunan, sehingga bisa menyesuaikan apakah struktur bangunan dan bahan material rumah sudah sesuai dengan yang diinginkan.
  • Pembeli bisa langsung menempati rumah yang dibelinya.
  • Karena rumah sudah dibangun, berarti sudah memiliki surat-surat yang lengkap seperti sertifikat tanah dan IMB.

Kesimpulan :
Membeli rumah inden sebenarnya sangat digemari oleh mereka para investor, karena selain harganya lebih murah, investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga jual rumah sebesar 10% -20% hingga rumah selesai dibangun.

Tips Aman Cicil Rumah Langsung Ke Pengembang

Tips aman cicil rumah langsung ke pengembang. Memang bisa cicil rumah langsung ke pengembang? Pada dasarnya cara pembayaran pembelian rumah ataupun apartemen ada tiga jenis: cash keras, cash bertahap (instalment), atau dengan dicicil.

Dan untuk opsi pembayaran dengan sistem cicilan atau kredit, kebanyakan orang umumnya akan memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari bank. Tapi jika Anda mau kredit rumah tanpa bank juga bisa.

Pernah melihat iklan properti yang berbunyi, ’Angsuran 36 kali tanpa DP?' kan?! Nah, iklan ini biasanya akan merujuk pada sebuah proyek pembangunan rumah atau apartemen yang sedang dipasarkan. Dan ini artinya, bahwa rumah atau apartemen tersebut bisa dimiliki dengan angsuran selama 36 kali dan tanpa uang muka!

Loh, kok, bisa? Jadi bila dalam skema KPR, ada bank yang berperan sebagai pihak ketiga. Pihak bank-lah yang membiayai pembelian rumah Anda dengan menyediakan uang tunai untuk dibayarkan ke developer. Sebagai gantinya, Anda menyicil pembayaran rumah ke bank disertai dengan bunganya.

Nah, iklan di atas bisa dibilang sebagai cara lain untuk mencicil rumah, Anda langsung mencicil rumahnya langsung ke pengembang atau istilahnya kredit in-house dari developer. Jadi urusan perjanjian jual beli rumah hanya melibatkan dua pihak, antara Anda sebagai pembeli dan pihak developer. Bank sama sekali tak terlibat di sini, konsumen hanya berhubungan dengan developer saja.

Untuk keamanan dan kenyamanan transaksi pembelian properti Anda, manfaatkan saja jasa agen properti profesional. Ada banyak pilihan mulai dari agen properti dengan spesialisasi kawasan yang memahami perkembangan hingga pergerakan harga pada area spesialisasinya, agen properti dengan spesialisasi apartemen, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja keuntungan kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang?

Tidak Pakai DP
Tidak pakai uang muka atau DP. Tapi pengembang biasanya akan minta booking fee dibayarkan sebagai tanda jadi keseriusan Anda memboyong unit yang ditawarkan.

Tidak Ada Bunga
Beda halnya dengan produk KPR atau KPA di mana bank memungut bunga dari kredit yang dicairkan, kredit in-house atau cicilan ke pengembang bukan produk bank, artinya tidak ada pengenaan bunga di sini. Ingat, developer bukan bank, jadi dilarang memungut bunga.

Sebagai contoh, jika harga rumah adalah Rp600 juta dan tanpa uang muka dengan cicilan selama 20 kali, artinya Anda harus mengangsur setiap bulan sebanyak Rp30 juta tanpa dikenakan bunga.

Proses Lebih Ringkas
Dengan mencicil kepada pengembang artinya hanya melibatkan antara pembeli dan pengembang saja. Artinya, prosedur yang mesti dilewati lebih ringkas. Beda dengan bank yang prosedurnya panjang sehingga lumayan menguras waktu.

Lebih Hemat Biaya
Jika Anda mengajukan cicilan KPR di bank Anda akan dikenakan biaya provisi, biaya survei, biaya appraisal, dan lain sebagainya. Beda dengan cicilan langsung ke pengembang yang sama sekali tak ada biaya macam-macam.

Jangka Waktu Cicilan Bisa Dinegosiasikan
Anda masih bisa ‘menggoyang’ masa cicilan lebih panjang lagi sekalipun pihak pengembang telah menetapkan lama masa cicilan. Tapi ini tergantung kelihaian Anda bernegosiasi.

Jadi skema kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang seperti Anda ‘mengontrak’ rumah kepada pengembang dalam waktu yang pendek. Begitu masa angsuran selesai maka rumahnya secara otomatis langsung jadi hak milik Anda, dan sertifikatnya juga akan langsung diberikan pengembang.

Dengan skema tersebut, proses serah terima rumah biasanya dilakukan saat pembayaran nilainya sudah di atas 80 persen dari harga rumah. Tapi hal itu juga tidak mutlak, tergantung dengan isi perjanjian antara pihak pembeli dan pengembang.

Ini Untungnya Beli Rumah Pakai KPR.

Tapi jangan keburu nafsu, simak tips aman kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang berikut ini.

Anda wajib mengomunikasikan segala jenis kesepakatan antara Anda dengan pengembang, terutama seputar kejelasan serah terima rumah. Bila perlu cantumkan poin tersebut dalam Perjanjian Jual Beli (PJB) yang disahkan notaris.
Tahap awal dimulai dengan memberikan booking fee sebagai tanda jadi yang dilengkapi persyaratan administrasi. Tapi adakalanya pengembang mensyaratkan uang muka yang besarannya bisa dinegosiasikan.
Setelah semua persyaratan dari pengembang dipenuhi, selanjutnya maka lakukan Pra Perjanjian Jual Beli (PPJB) yang disahkan notaris. Isinya mengatur tentang:

  • Pembelian rumah dengan cara angsuran (in house)
  • Besaran uang muka atau DP (jika ada)
  • Jumlah angsuran rumah dibayar bertahap sesuai jadwal yang disepakati
  • Dan yang tak kalah penting, cantumkan waktu proses serah terima rumah dan sanksi maupun denda jika masing-masing pihak wanprestasi dari perjanjian yang disepakati

Ketika pembayaran kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang yang telah disepakati sudah Anda selesaikan, maka PPJB bisa dinaikkan levelnya menjadi Akta Jual Beli (AJB). Ini maksudnya ketika pembayaran cicilan rumah langsung ke pengembang sudah dinyatakan lunas.
Saat pelunasan cicilan atau pembayaran terakhir, maka Anda selaku pembeli dan pihak pengembang sama-sama mendatangi notaris guna mengurus AJB. AJB menjadi bukti sah dan dasar peralihan hak tanah dan bangunan dari pengembang ke pembeli. Dan notaris yang akan mensahkan AJB.
Nah, bagi Anda yang tengah berniat membeli rumah, skema skema kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang ini merupakan pilihan menggiurkan karena prosesnya mudah, tanpa bunga, dan pastinya jangka waktu yang lebih pendek dari KPR.

Kelebihan Membeli Rumah Developer sebagai Rumah Idaman

Setiap tahunnya harga terus meninggi sehingga membuat banyak masyarakat yang merasa kesulitan untuk membeli rumah. Namun tentunya ada sebuah jalan alternatif yang dapat ditempuh oleh masyarakat banyak. Misalnya saja dengan cara membeli rumah melalui developer yang pembayarannya dengan cara mencicil. Ternyata sudah banyak orang yang mencoba cara ini agar dapat memiliki rumah sendiri.

Adapun beberapa kelebihan dari membeli rumah developer adalah sebagai berikut.

  • Anda tidak membutuhkan banyak uang yang paling penting adalah uang muka serta cicilan setiap jangka waktu yang telah ditentukan.
  • Uang muka dapat berasal dari jamsostek, bapertarum, dan yang lainnya yang merupakan sebuah bantuan atau subsidi.
    Pembayaran rumah akan terasa lebih ringan karena adanya cicilan.
  • Uang cicilan akan lebih murah apabila Anda memberikan uang muka lebih besar ataupun dengan menggunakan pembayaran dengan jangka waktu yang lebih lama.
  • Jika Anda bayangkan untuk 10 sampai dengan 15 tahun kedepan tentunya sudah tidak ada lagi rumah yang dijual dengan harga yang murah ketika cicilan rumah Anda telah berakhir.

Apa Keuntungan Membeli Rumah Baru Dari Developer?

Kebutuhan rumah saat ini bisa dibilang cukup besar, baik rumah bekas, ataupun rumah baru dari developer. Masing-masing jenis rumah baik bekas maupun rumah baru tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kali ini kita akan fokus membahas tentang apa saja keuntungan membeli rumah ataupun ketika memilih untuk membeli rumah baru dari developer. Jika anda ingin membeli rumah baru, maka artikel ini mungkin akan sangat membantu anda untuk mempertimbangkan sebaiknya apakah akan membeli rumah baru dari developer? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Bisa di bilang saat ini, keberadaan developer sebagai salah satu penyedia rumah semakin memberikan kemudahan bagi para pencari rumah. Semua developer saling berlomba untuk memberikan yang terbaik tentunya kepada para konsumennya dan tidak pernah berhenti berusaha membuat rumah yang semakin bervariasi untuk dijual. Hal itu diwujudkan dengan adanya proyek perumahan yang mereka luncurkan unutk menarik minat konsumen. Meskipun sebenarnya di lain sisi konsumen tetap masih punya berbagai alternatif cara untuk memiliki rumah, seperti misalkan:

Keinginan membeli rumah baru dari calon pembeli biasanya memiliki beberapa alasan, antara lain biasanya rumah baru memiliki kesan lebih menarik karena ya semuanya memang baru. Bisa juga karena rumah baru memiliki beberapa alternatif lokasi yang tentunya lebih mudah untuk dipilih. Misalkan tidak suka dengan blok ini, masih bisa pindah ke blok sebelahnya, dengan tetap berada pada satu wilayah, jadi bagi sebagian orang terkesan lebih memudahkan untuk memilih mana rumah yang lebih disukai.


Keuntungan membeli rumah baru
Ketika memutuskan untuk membeli rumah baru developer, tentu anda sebelumnya sudah memperhatikan dan mengkalkulasi semua kemungkinan apa saja yang akan dapatkan dari transaksi itu bukan? Berikut ini ada beberapa tambahan informasi yang mungkin belum anda tahu tentang apa saja keuntungan membeli rumah baru dari developer.

Pertama yang akan anda dapatkan adalah kemudahan, jadi di awal anda tidak perlu terlalu bingung memilih apakah rumah yang anda pilih harganya sudah masuk akal? Karena biasanya dari pihak developer juga sudah survei kelayakan berapa harga yang paling sesuai untuk rumah tersebut. Anda juga tidak perlu repot mempertimbangkan berbagai hal seperti adanya fasilitas umum(taman, masjid dan sebagainya) karena hal seperti itu tentunya sudah masuk dalam daftar fasilitas perumahan yang artinya anda tidak perlu lagi terlalu bingung memilah.

Berikutnya adalah masalah kemudahan pembiayaan. Bagi anda yang terbiasa membeli rumah dengan cara cash sepertinya tidak akan terlalu jadi kendala, bukan?
Yang ketika apa keuntungan rumah baru yang dibeli dari developer? Yaitu anda bisa tahu bagaiamana riwayat rumah anda ketika dibangun, jadi anda bisa memperkirakan kapan nantinya rumah perlu direnovasi dan sebaiknya seperti apa nantinya ketika harus merenovasi.
Ke empat adalah masalah legalitas dokumen rumah yang ingin anda beli biasanya akan lebih terjamin, sebab akan ada jaminan dari pengembang, tentunya masalah legalitas ini akan sangat fatal akibatnya jika tidak dipertimbangkan dengan matang dan tentu akan sangat merugikan anda nantinya jika tidak juga dipikirkan.

Saat ini mungkin anda akan lebih memahami dari sebelum membaca artikel ini kenapa membeli rumah baru dari developer lebih menguntungkan, hal itu tentu semata-mata karena banyaknya keuntungan yang akan didapatkan dari developer. Beberapa keuntungan atau kemudahan yang akan dapatkan ketika membeli rumah baru dari developer adalah:

  • Kemudahan memilih rumah
  • Kemudahan pembiayaan rumah dengan berbagai pilihan pembayaran
  • Mengetahui riwayat material pembangun rumah
  • Legalitas dan dokumen rumah baru tentu lebih dijamin oleh developer

Semua itu akan dapatkan ketika membeli rumah dari developer, namun tidak menutup kemungkinan juga sebenarnya ketika anda membeli rumah tidak dari developer anda juga mendapatkan keuntungan seperti itu juga. Sekarang kembali kepada anda, mau pilih beli rumah rumah dari developer atau tidak. Saran saya pastikan anda memastikan semua kemudahan itu di awal ke pihak developer sebelum membayar atau membeli.

Bijak dalam membeli akan sangat lebih baik. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda yang ingin membeli rumah baru dari developer, jika ada masukan tentang hal ini anda bisa menyampaikannya di kotak komentar dan kita akan segera mulai diskusi sesegera mungkin. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat anda bisa membagikanya melalui sosial media yang anda miliki, agar teman-teman anda juga merasakan manfaat yang sama.

Lebih Untung Mana? Beli Rumah Inden atau 'Ready Stock'

Selama ini, properti merupakan barang yang cukup banyak diburu semua kalangan. Dan Anda pun juga bisa melihat begitu cukup mudahnya menemukan perumahan-perumahan yang baru di sekitar tempat tinggal kita.

Berbagai macam promo ditawarkan untuk menarik minat para pencari hunian. Mungkin Anda adalah salah satu yang juga sedang mencari tempat tinggal, tentu rasa penasaran ingin segera melihat bagaimana model bangunannya seperti tak tertahankan.

Biasanya, para pengembang memang akan membagikan brosur dari perumahan yang ditawarkan, agar Anda bisa melihat lokasi serta contoh desain rumah yang mereka bangun, dengan harapan Anda bisa segera memesan unitnya.

Setelah melihat brosur, biasanya para calon pembeli ingin melakukan survei terlebih dahulu mengenai rumah yang ditawarkan oleh salah satu pengembangnya. Setelah tiba di lokasi, Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua unit rumah yang ada di brosur itu sudah terbangun semuanya. Bisa saja masih berbentuk sebidang tanah kosong.

Oleh sebab itu, Anda akan ditawarkan 2 pilihan, yakni membeli rumah yang siap huni (ready stock) atau secara inden yakni memesan terlebih dahulu baru dilakukan pembangunan rumahnya.

Kalau sudah dihadapkan pilihan tersebut, wajar saja bila Anda bingung. Tapi tidak perlu lagi bingung bila Anda benar-benar memahami keduanya.

Nah, sebenarnya lebih menguntungkan mana? Beli rumah secara inden atau yang siap huni? Simak ulasan berikut ini:

Beli Rumah Secara Inden, Keuntungan dan Kekurangannya?
Begitu juga bila membeli rumah yang inden. Sejumlah keuntungan dan kekurangannya juga menyertai, diantaranya:

1. Anda Perlu Menunggu Pembangunannya
Butuh waktu untuk menghuni rumah baru Anda

Jika Anda memilih membeli rumah secara inden alias memesan tersebih dahulu, maka Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunggu proses pembangunannya selesai. Soal waktu, terkadang tidak selalu sama dengan yang sudah dijadwalkan. Bisa saja, terjadi penambahan waktu pembangunan karena beberapa faktor.

2. Anda Akan Menerima Kondisi Rumah yang Baru
Rumah yang akan Anda tempati benar-benar baru selesai dibangun

Berbeda dengan rumah ready stock yang memungkinkan adanya kerusakan karena sudah lama dibangun, maka rumah inden tentunya memiliki 100% kondisi rumah yang baru. Rumah-rumah inden yang bagus dengan konsep minimalis tertentu juga biasanya dibeli untuk investasi, dan pembangunannya biasanya memerlukan waktu yang cukup lama.

3. Bisa Mengajukan Permintaan Khusus pada Pengembang
Anda bisa minta pengembang untuk membangun rumah sesuai keinginan Anda

Apabila rumah tersebut ada di sebuah proyek perumahan, biasanya pihak developer akan membangun jenis rumah yang sama dengan rumah ready stock. Namun, jika melalui inden, maka Anda bisa meminta dan mengatur pembangunannya agar tidak disamakan dengan bentuk rumah lainnya. Untuk permintaan khusus ini biasanya Anda akan dikenakan tarif khusus dari pihak pengembang.

4. Lingkungan Belum Memadai alias Fasilitas Belum Lengkap
Karena perumahan baru, biasanya fasilitas lingkungan sekitar belum lengkap

Karena inden merupakan perumahan yang baru akan dibangun ketika Anda memesan dan melakukan pembayaran, maka biasanya lingkungan sekitar atau fasilitasnya belum memadai. Meski tidak semua perumahan, namun inilah fakta yang umumnya terjadi untuk rumah inden, karena biasanya lokasinya terletak jauh dari pemukiman yang sudah padat penduduk.

Pilih Rumah yang Sesuai Keinginan Anda
Setelah memahami kelebihan dan kekurangan pembelian rumah secara inden atau yang siap huni, setidaknya Anda bisa menentukan pilihan mana yang tepat untuk Anda. Dan yang terpenting adalah sesuaikan dengan bujet Anda. Pilih rumah yang sesuai dan miliki hunian idaman.

Berbagai sumber :

  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/membeli-properti-1607-keuntungan-membeli-rumah-baru-id.html
  • https://www.finansialku.com/jangan-takut-beli-rumah-idaman-dari-developer-setelah-baca-ini/
  • https://www.lamudi.co.id/journal/mana-yang-lebih-untung-beli-rumah-inden-atau-sudah-jadi/
  • http://www.popeti.com/berita/tips/kelebihan-dan-kekurangan-membeli-rumah-developer-sebagai-rumah-hunian/
  • https://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/membeli-rumah/tips-aman-cicil-rumah-langsung-ke-pengembang-7993
  • https://mauproperti.net/apa-keuntungan-membeli-rumah-baru-dari-developer.html
  • https://www.cermati.com/artikel/lebih-untung-mana-beli-rumah-inden-atau-ready-stock 

RIDHANA GROUP | Developer Perumahan Batu Malang, Pengembang Perumahan Batu Malang, Pengembang Properti Batu Malang, Developer Properti Batu Malang, RIDHANA GROUP, Developer Perumahan Nasional, Developer Nasional